HUJAN ASAM




Hujan asam adalah peristiwa turunnya zat asam dari atmosfer ke bumi akibat tingginya polusi udara. Hujan asam dapat turun ke bumi dalam bentuk butiran salju, kabut, atau serpihan kering.

Hujan asam terjadi karena pembakaran bahan fosil dari kendaraan atau pabrik untuk menghasilkan listrik. Ketika bahan bakar fosil dibakar, senyawa sulfur dioksida dan nitrogen dioksida dilepaskan ke atmosfer. Gas kimia ini bereaksi dengan air, oksigen, dan senyawa untuk membentuk larutan asam sulfat dan nitrat. Ketika hujan asam turun ke bumi, larutan asam tersebut mengalir ke perairan dan masuk ke dalam tanah. Air yang tercemar asam menjadi tidak sehat bagi hewan di lingkungan perairan. Selain hewan, hujan asam juga dapat merusak tanaman, terutama di dataran tinggi. Senyawa dari hujan asam yang menembus tanah dan menarik unsur hara yang dibutuhkan tanaman dari dalam tanah menyebabkan tanaman mati.

Hujan asam dapat dicegah dengan membatasi pencemaran yang disebabkan oleh hujan asam. Kita perlu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar yang ramah lingkungan. Kita juga dapat membantu mencegah terjadinya hujan asam di rumah dengan menghemat energi untuk penggunaan listrik.

Risma Zahratunnisa

XI MIPA 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar