Laporan Hasil Observasi Masjid Thoriq Bin Ziyad (MTBZ)

 


Masjid Thoriq Bin Ziyad merupakan sebuah masjid milik SMAIT Al Irsyad Purwokerto. Letaknya berada di dalam gedung sekolahnya, tepatnya di lantai 3 sebagai pembatas ruang kelas putra dan putri. Masjid ini biasa digunakan oleh warga sekolah untuk melakukan ibadah salat dan murajaah pagi. Selain itu, masjid ini juga biasa digunakan sebagai tempat acara jika ada kegiatan, tetapi hanya kegiatan-kegiatan formal saja seperti, seminar, sosialisasi program sekolah, dan kegiatan sekolah lainnya.


Masjid Thoriq Bin Ziyad menyediakan berbagai macam fasilitas untuk warga sekolah. Berikut adalah berbagai macam fasilitas Masjid Thoriq Bin Ziyad. Di bagian Timur terdapat fasilitas berupa hijab sebagai pembatas ketika lawan jenis sedang ada kegiatan sekolah. Di bagian Utara terdapa fasilitas berupa, rak yang berisi Al Qur'an, meja kecil untuk membaca Al Qur'an dan lcd untuk kegiatan sosialisi. Di bagian barat terdapat sebuah papan tulis untuk menulis informasi, jam digital untuk petunjuk waktu sholat, speaker, dan podium, kursi beserta mic nya untuk adzan dan kultum. Di bagian selatan terdapat 18 jendela sebagai fentilasi udara beserta gordennya. Terdapa sebuah kipas angin sebagai penyejuk ruangan disekeliling Masjid Thoriq Bin Ziyad. 


Masjid Thoriq Bin Ziyad juga bisa digunakan pada waktu pagi, siang, dan sore. Masjid ini tentunya juga bisa digunakan pada saat malam hari, tetapi tentunya pada kebutuhan/acara tertentu dan tidak bisa selalu digunakan pada malam hari. Berbagai macam manfaat Masjid disekolah. Masjid secara peruntukkannya tidak hanya berfungsi ibadah, khususnya shalat dengan segala rangkaiannya. Akan tetapi masjid berfungsi juga sebagai sarana sosial seperti, pendidikan, pengajian dan kegiatan sosial lainnya.


Fatimah Azzahra

XF, absen 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar