Teks Laporan Observasi Perpustakaan Al Izdihar

 

          
  Perpustakaan Al Izhdihar merupakan salah satu fasilitas ruang belajar dari sekolah Al-Irsyad. Perpustakaan ini berlokasi di area SMP Al-Irsyad Purwokerto tepatnya yakni di Jl. Prof. Dr. Soeharso, Arcawingun, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Sudah sejak lama perpustakaan ini berdiri. Pembangunan perpustakaan ini tidak terlepas pada peningkatan pengetahuan serta kegemaran membaca pada siswa.

  Bangunan satu lantai ini memiliki pengunjung sekitar 30 orang perhari. Selain itu, Perpustakaan Al Izhdihar mempunyai koleksi berkisar 5.897 buku. Koleksi tersebut terdiri dari 1.000 buku tentang ilmu komputer, 900 buku tentang biografi, 300 buku tentang ilmu sosial, 400 buku tentang bahasa, 500 buku tentang sains, 600 buku tentang ilmu terapan dan teknologi, 700 buku tentang kesenian, hiburan, dan olahraga, dan lain sebagainya. Buku tersebut tersebar pada seluruh area perpustakaan dan disusun berdasarkan topik buku. Area depan perpustakaan merupakan
front office, tempat para pengunjung melakukan peminjaman dan pengembalian buku. Sedangkan serambi perpustakaan merupakan tempat para pengunjung membaca buku secara lesehan. Sementara itu serambi kiri perpustakaan buku-buku berjajar dengan rapi.

  Fatimah (2018) menyatakan bahwa pada hakikatnya perpustakaan memiliki banyak manfaat, seperti membantu siswa menentukan sumber belajar. Perpustakaan Al Izdihar berfungsi sebagai sarana dan prasarana atau sumber pengetahuan bagi siswa, membantu guru menemukan sumber pelajaran, memberikan kecintaan dan membudayakan siswa untuk gemar membaca. Elemen penting lainnya ialah keaktifan para pustakawan dalam mengiatkan kegiatan literasi membaca di sekolah. Dilansir dari Instagram SMP Al-Irsyad, perpustakaan ini sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan bedah buku, pembuatan buku, hingga peluncuran buku.

Nama : Rajwaa Kholid
Kelas : XF 
Absen: 29


Tidak ada komentar:

Posting Komentar