Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Al Izdihar


Perpustakaan Al Izdihar merupakan perpustakaan yang terletak di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan Al Izdihar merupakan suatu unit kerja untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka. Perpustakaan Al Izdihar juga menyajikan kepada penggunanya berbagai macam karya sastra. Perpustakaan ini dibuat senyaman mungkin supaya dapat digunakan dan diakses dengan leluasa oleh semua warga sekolah. Perpustakaan Al Izdihar juga menjadi salah satu peran yang penting bagi berlangsungnya kegiatan mengajar dan belajar di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. 

Bukan perpustakaan namanya jika tidak ada buku di dalamnya. Perpustakaan Al Izdihar menyediakan berbagai buku yang menarik dan menyenangkan. Terdapat ribuan buku di Perpustakaan Al Izdihar yang meliputi 200 buku agama, 300 buku ilmu sosial, 400 buku bahasa, 500 buku ilmu pengetahuan, 900 buku yang mencakup geografi, biografi, serta sejarah, dan masih banyak lagi buku lainnya. Buku-buku tersebut dapat dipinjam dan dikembalikan di bagian depan perpustakaan. Beberapa buku tersebut didapatkan dari hibah buku yang dilakukan oleh siswa dan siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Di dalam Perpustakaan Al Izdihar memiliki meja yang luas dan besar sehingga penggunanya dapat menggunakan dengan leluasa. Buku-buku di Perpustakaan Al Izdihar juga tersusun dengan rapi dan terstruktur di dalam rak sehingga memudahkan untuk menemukan buku yang diinginkan. Tak hanya itu, udara di dalam perpustakaan ini memiliki udara yang sejuk sehingga menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Perpustakaan Al Izdihar tentu memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah Perpustakaan Al Izdihar memiliki koleksi buku yang beragam sehingga memudahkan penggunanya untuk menambah berbagai macam wawasan. Tak hanya itu, Perpustakaan Al Izdihar dapat digunakan sebagai tempat untuk meminjam buku sehingga dapat mengembangkan keterampilan literasi seperti membaca, menulis, dan berbicara. Perpustakaan ini juga digunakan sebagai tempat belajar untuk menambah pengalaman siswa dan siswi belajar di luar kelas. Selain itu, Perpustakaan Al Izdihar dapat dimanfaatkan sebagai tempat studi yang tenang sehingga membantu penggunanya untuk belajar dengan lebih fokus. Tak lupa, perpustakaan ini memiliki pengaruh yang besar bagi siswa dan siswi untuk mempercepat pemahaman dan penguasaan materi yang diberikan oleh guru.



Nama: Fathiya Nurul Iffah Taufik

Kelas: XF

Absen: 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar