Teks Laporan Hasil Observasi Masjid Thariq Bin Ziyad

 Masjid Thariq Bin Ziyad 


Masjid Thariq bin Ziyad adalah sebuah tempat ibadah yang terletak di lantai 3 SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Masjid ini digunakan sebagai tempat ibadah siswa-siswi dan guru saat berada di sekolah. Tidak hanya untuk tempat beribadah, masjid ini juga digunakan untuk kegiatan kultum, kajian, dan tasmi. Masjid ini memiliki singkatan untuk mempermudah penyebutaan yaitu MTBZ. MTBZ diambil dari setiap awal huruf per-kata.

Fasilitas yang ada di masjid ini meliputi karpet berwarna hijau yang difungsikan sebagai sajadah sehingga, siswa dan guru tidak perlu membawa sajadah. Di sebelah utara terdapat rak untuk meletakkan Al-Quran. Lalu di sebelah barat terdapat sebuah mimbar, jam yang menunjukkan waktu sholat, dan juga sebuah pintu untuk menuju gedung putri.  Pintu yang menuju gedung putra berada di sebelah timur. Di sebelah selatan terdapat beberapa jendela yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan saluran masuknya cahaya matahari. Fasilitas lainnya yang berada di masjid ini adalah kipas angin di berbagai sisi, microfon, speaker, lampu, dan juga cctv.

Masjid Thariq bin Ziyad memiliki banyak manfaat yang dapat kita ambil. Manfaat yang dapat kita ambil dapat dibagi dalam beberapa bidang yaitu, bidang keagamaan, bidang sosial, dan bidang pendidikan. Dalam bidang keagamaan, dengan kita melaksanakan sholat berjamaah, tasmi Al-Quran, kultum setelah sholat dhuhur dapat menambah pahala hingga berlipat lipat. Di bidang sosial, masjid ini biasa dijadikan sebagai tempat pertemuan-pertemuan sehingga dapat memperluas jaringan dalam bersosialisasi. Dalam bidang pendidikan, masjid ini dijadikan sebagai sarana menyalurkan pengetahuan seperti kegiatan kultum, mengundang seorang pembicara, dengan kegiatan tersebut kita dapat memperoleh ilmu dari pembicara dan manfaat-manfaat yang lain. 


Nama : Enten Hirren Sahitya
Kelas : X.F
No. Absen : 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar