Teks Laporan Hasil Observasi Masjid Thariq bin Ziyad

 


Masjid Thariq bin Ziyad merupakan satu-satunya masjid yang ada di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Masjid Thariq bin Ziyad terletak di lantai tiga gedung SMA IT Al Irsyad Purwokerto. Masjid ini menjadi pembatasan antara ruang kelas siswa putra dan siswi putri. Masjid Thariq Bin Ziyad juga dapat digunakan untuk kegiatan sekolah seperti rapat, sosialisasi, dan kegiatan pertemuan lainnya. 


Masjid Thariq bin Ziyad yang berada di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto memiliki bentuk ruangan balok dengan tinggi sekitar 7-8 meter. Di Masjid Thariq bin Ziyad terdapat fasilitas yang dapat digunakan oleh warga sekolah seperti sajadah untuk alas sholat, mimbar untuk kultum, mic dan speaker untuk mengumandangkan adzan, kipas angin untuk menyejukan udara, rak buku untuk meletakan Al Quran dan Al Quran untuk dibaca. Sirkulasi udara di masjid ini baik, karena terdapat banyak jendela dan ventilasi. Masjid ini memiliki 2 pintu sebagai akses masuk ke dalam masjid dari bagian kelas putra dan kelas putri. 


Adanya Masjid Thariq bin Ziyad di sekolah ini sangat besar manfaatnya bagi semua warga sekolah. Manfaat utamanya adalah sebagai tempat ibadah. “Rasulullah SAW sendiri juga telah memfungsikan masjid tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Al-Qur'an, tetapi juga memakmurkannya dengan dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, diskusi masalah umat, dan lain-lain," ujar Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Sama halnya seperti di Masjid Thariq bin Ziyad yang juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sekolah. Masjid ini memiliki ruangan yang cukup luas, sehingga dapat memudahkan pihak sekolah saat mengadakan acara yang mengharuskan seluruh siswa berkumpul dalam satu ruangan.


Nama: Kenisya Putriandita 

Kelas: XF 

Absen: 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar