Teks Laporan Hasil Observasi MTBZ (Masjid Thariq Bin Ziyad)


  MTBZ (Masjid Thariq Bin Ziyad) adalah masjid satu-satunya di SMA IT Al-irsyad Al-islamiyyah Purwokerto. Tempat ini dijadikan sebagai sarana ibadah siswa dan siswi SMA IT. Definisi dari masjid sendiri adalah bangunan yang memiliki batas-batas tertentu, yang didirikan dengan tujuan beribadah kepada Allah, seperti salat, dzikir, membaca Al-Qur'an dan ibadah lainnya. Definisi masjid menurut islam adalah tempat yang disediakan untuk salat, dan bersifat tetap atau bukan sementara. Kedua definisi tersebut melekat dengan MTBZ, masjid yang digunakan untuk beribadah kepada Allah.

  MTBZ berada di lantai 3, di samping kelas X (sepuluh) D dan XF. Bangunan MTBZ  memiliki bentuk persegi panjang dengan ukiran yang cukup luas. Lantai MTBZ ini ditutupi dengan karpet yang berfungsi sebagai sajadah untuk orang-orang Salat. MTBZ pun memiliki beberapa buah kipas angin pada titik-titik dinding tertentu. Adanya kipas angin ini berfungsi menambah kenyamanan orang-orang yang tengah beribadah atau tengah memakai MTBZ sebagai aula. MTBZ dilengkapi beberapa jendela sebagai ventilasi, rak buku yang dipenuhi Al-Qur'an, mimbar di bagian depan untuk seseorang menyampaikan khutbah, atau kultum. MTBZ pula difasilitasi microphone yang biasa dipakai oleh imam ketika salat, seseorang menyampaikan kultum atau khutbah, anggota rohis memberi informasi akan dimulainya salat, dan petugas salat saat dzikir. Fasilitas dalam MTBZ cukup lengkap dan memadai.

  Pada zaman Rasulullah masjid memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai tempat beribadah, tempat pertemuan, tempat bermusyawarah, tempat perlindungan,tempat kegiatan sosial, tempat dakwah dan madrasah. Tak jauh dari itu, sebagian dari manfaat yang sudah disebutkan, MTBZ pun memiliki manfaat yang sama yaitu sebagai tempat beribadah sehari-hari oleh siswa dan siswi SMA IT. Selain itu, MTBZ terkadang dijadikan sebagai aula untuk acara-acar tertentu, seperti acara MPLS, LDK dan acara lainnya. MTBZ pun sering dijadikan tempat untuk diadakannya rapat organisasi, ketika sebuah organisasi mengadakan rapat general. 

Nama : Azura Luna Shafiyya 
Kelas : X F 
Absen : 08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar